20 negara tampil di UNS Cultural Night 2017

Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Tweet about this on TwitterShare on Facebook45Email this to someoneBuffer this page

Universitas Sebelas Maret (UNS) telah menjadi pilihan banyak mahasiswa dari berbagai negara di dunia untuk belajar. Per bulan April 2017, tercatat ada 93 mahasiswa dari 32 negara sedang menempuh studi di UNS lewat beberapa program seperti pertukaran, BIPA, Darmasiswa, KNB, Beasiswa UNS, maupun swadana.
Sebagai salah satu pelaku utama urusan internasional di UNS, UPT Layanan Internasional selalu berusaha memberikan layanan terbaik bagi para mahasiswa internasionalnya. Tidak hanya layanan dan informasi akademis, mahasiswa internasional juga dikenalkan pada tradisi lokal melalui orientasi dan berbagai kegiatan budaya lainnya.
Namun, mengenal budaya lokal saja dirasa belum cukup. Mahasiswa internasional juga perlu diberikan ruang untuk mengekspresikan diri dan memperkenalkan negara asal mereka. Untuk memfasilitasi mereka dalam hal tersebut, UPT Layanan Internasional merancang sebuah acara tahunan, yaitu UNS Cultural Night. Dalam acara ini, para mahasiswa internasional dapat berbagi tentang kebudayaan mereka.
UNS Cultural Night 2017 akan digelar pada hari Kamis, 4 Mei 2017 di Auditorium UNS. Di tahun 2017 ini, UNS Cultural Night mengusung tema “Building Pieces Together into Perfect Harmony”. Sejumlah mahasiswa dari 20 negara akan berpartisipasi dalam acara ini. Negara-negara tersebut yaitu Turkmenistan, Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, Uzbekistan, Yunani, Jepang, Cina, Laos, Hungaria, Nigeria, Filipina, Timor Leste, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Meksiko, Rwanda, Thailand, dan Madagaskar. Mereka akan menampilkan aksi panggung antara lain berupa tarian, lagu, puisi, dan peragaan busana serta menyajikan hidangan khas negara mereka.
Taufiq al Makmun, kepala UPT Layanan Internasional, memberikan dukungannya untuk acara ini. “UNS Cultural Night adalah ajang bertemunya warga UNS lintas budaya. Iklim internasional di UNS yang terbentuk melalui kehadiran mahasiswa internasional dari berbagai negara dirayakan dalam malam gelar budaya sebagai wadah untuk saling belajar, menghargai, menghormati, dan meningkatkan pemahaman akan keberagaman budaya di dunia melalui seni pertunjukkan, cara berpakaian, dan kekayaan kuliner,” jelasnya.
UNS Cultural Night merupakan salah satu agenda UNS yang paling dinanti, terlihat dari animo peminat saat penjualan tiket presale beberapa waktu lalu. Seratus tiket presale terjual hanya dalam waktu 15 menit. Harga tiket UNS Cultural Night 2017 cukup terjangkau. Hanya dengan Rp35.000, pengunjung akan dimanjakan oleh penampilan panggung seperti lagu dan tarian dari Turkmenistan, permainan bambu oleh kolaborasi mahasiswa asal ASEAN, musik tradisional dari Korea Selatan, pembacaan puisi berbahasa Igbo oleh mahasiswa asal Nigeria, dan lain-lain. Selain itu, para pengunjung berkesempatan untuk mencicipi palor dan somsa asal Turkmenistan, cheese pie dari Yunani, chicken adobo khas Filipina, dan banyak sajian lain dari berbagai negara lainnya.
Periode pertama penjualan tiket reguler UNS Cultural Night 2017 akan diadakan pada hari Jumat, 21 April 2017 mulai pukul 15.00 di lobi perpustakaan UNS, dan periode kedua pada hari Rabu, 26 April 2017 mulai pukul 13.00 di tempat yang sama. Meski sebagian besar pengunjung biasanya adalah mahasiswa UNS, acara ini juga terbuka bagi masyarakat umum.
Cecilia, salah satu pembeli tiket, menyampaikan bahwa UNS Cultural Night adalah acara yang sangat menarik dan selalu dinanti. “Saya datang ke UNS Cultural Night 2016 lalu. Pertunjukannya bagus-bagus, makanannya juga enak, meskipun ada yang rasanya kurang cocok di lidah saya,” ujarnya saat mengantre tiket presale. Dia datang membeli tiket presale bersama dua temannya yang ingin hadir pada UNS Cultural Night tahun ini karena telah melewatkannya tahun lalu.

Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Tweet about this on TwitterShare on Facebook45Email this to someoneBuffer this page