Berbagi Budaya Melayu Melalui Malaysian Day

Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Tweet about this on TwitterShare on Facebook30Email this to someoneBuffer this page

malaysia-day-2016

Sebagai upaya untuk mempererat hubungan mahasiswa internasional dengan mahasiswa lokal, International Office Universitas Sebelas Maret memiliki agenda rutin yaitu Sharing Day. Dalam kegiatan ini, perwakilan mahasiswa internasional dari negara tertentu berbagi cerita tentang negara asal mereka.

Rabu, 12 Oktober 2016, kegiatan Sharing Day ini kembali diselenggarakan di gedung perpustakaan pusat UNS, dan ini adalah penyelenggaraan yang ke 13. Kali ini, presentasi dilakukan oleh mahasiswa dari Malaysia. Ada tiga orang dari Fakultas Pertanian—Aida, Fatah, dan Syaidah—dan empat orang dari Fakultas Teknik—Naz, Yana, Nurin, dan Azyan. Mereka adalah mahasiswa dari program AIMS (The ASEAN International Mobility for Students), pertukaran mahasiswa selama satu semester.

malaysia-day-2016-3

Dalam presentasi yang disampaikan oleh Aida, mereka mengenalkan hal-hal menarik dari negara tetangga kita ini, seperti karakteristik penduduknya, suku, pakaian, makanan mereka, dan tempat-tempat menarik di sana.

Selain itu, mereka juga telah menyiapkan sajian khas negeri Jiran tersebut yang mereka masak sendiri dan membagikannya kepada para peserta yang hadir. Dalam satu kemasan, ada tiga macam sajian yang mereka sediakan yaitu Nasi Lemak, Buah Melaka, dan Pengat Jagung.

Aida mengaku senang dapat berbagi kisah kepada mahasiswa Indonesia, meskipun dirinya dan teman-temannya menghadapi beberapa kendala dalam menyiapkan perlengkapan untuk kegiatan tersebut.

malaysia-day-2016-1

“Ada kendala seperti mati listrik dan hujan lebat, tapi kami semua bekerja sama dan senang dalam menyiapkan presentasi sebaik mungkin. Kami kekurangan waktu karena ada kelas dan praktikum. Jadi kurang sempurna”, ujar Aida.

Dari kegiatan ini, selain mendapatkan informasi menarik mengenai budaya dan lokasi-lokasi menarik untuk berwisata, mahasiswa UNS juga dapat memperoleh informasi lain seperti system pendidikan yang berlaku di Malaysia.

Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Tweet about this on TwitterShare on Facebook30Email this to someoneBuffer this page