Kuliah Umum Bersama Ahli Radar dari Jepang

Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Tweet about this on TwitterShare on Facebook114Email this to someoneBuffer this page

Jumat (20/01/2017), Program Studi Teknik Elektro UNS menggelar kuliah umum di Gedung 3 Fakultas Teknik dengan tema “Development of Microsatellite SAR Onboard for Global Environmental Monitoring” yang disampaikan oleh ahli radar dari Jepang, Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D.

Ilmuwan yang kerap disapa Prof. Josh ini adalah penemu karya-karya ilmiah yang diakui dunia. Antena mikrostrip, Circularly Polarized Syntethic Aperture untuk pesawat tanpa awak, small satellite, serta radar peramal cuaca 3 dimensi merupakan beberapa contoh karyanya yang telah dipatenkan. Cendekiawan yang pernah menghabiskan masa kecil di Surakarta ini sekarang menjabat sebagai full professor di Center for Environmental Remote Sensing di Universitas Chiba, Jepang.

Dalam presentasi yang berlangsung selama lebih kurang dua jam, Prof. Josh lebih banyak berbagi motivasi dan cerita bagaimana dirinya bisa berada pada posisinya sekarang. “Kita harus bisa menangkis negativitas dari diri kita sendiri dan orang lain, serta memiliki manajemen waktu yang baik”, ujarnya. Ia juga menceritakan bagaimana lingkungan tempat tinggalnya dulu menginspirasinya, seperti bentuk-bentuk daun yang ada di sekitar rumah, yang kemudian diterapkan dalam bentuk satelit yang beliau ciptakan.

Selebihnya, Prof. Josh menerangkan secara singkat bagaimana temuan-temuannya dimanfaatkan, seperti penggunaan radar dan satelitnya untuk memprediksi  dan mengantisipasi terjadinya bencana seperti longsor atau gempa dengan memantau pergeseran tanah di daerah-daerah tertentu.

Kepala Prodi Tekni Elektro UNS, Irwan Iftadi, S.T., M.Eng., saat dimintai keterangan mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk menindaklanjuti pertemuan pihak Fakultas Teknik UNS  dengan Prof. Josh sebelumnya.

“Ini adalah tindak lanjut dari pertemuan-pertemuan sebelumnya. Nanti akan ada MoU antara Fakultas Teknik UNS dengan Universitas Chiba. Kami berencana mengadakan sister university”, pungkasnya.

Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Tweet about this on TwitterShare on Facebook114Email this to someoneBuffer this page