Orientasi Kota, Mahasiswa Asing baru UNS 2015 Diajak Keliling Solo

Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Email this to someoneBuffer this page

orientasi kota mahasiswa asing 2015_2

Sebanyak 16 mahasiswa asing diajak berkeliling ke beberapa lokasi di Kota Solo, Jawa Tengah. Mereka menyusuri city walk Slamet Riyadi dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah seperti rumah Dinas Wali Kota (Lodji Gandrung), Museum Radya Pustaka, Museum Batik Danar Hadi, dan sejumlah lokasi lain.

Acara bernama Universitas Sebelas Maret (UNS) City Orientation ini digagas oleh UNS International Office. Sebanyak 16 pelajar asing tersebut merupakan peserta Darmasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mereka berasal dari Amerika Latin, Eropa, dan Asia. Program Darmasiswa Kemendikbud RI bertujuan memperkenalkan Indonesia ke negara mereka. Sebab, selama satu tahun para mahasiswa asing ini akan menetap dan mempelajari budaya serta bahasa Indonesia.

Koordinator UNS City Orientation, Rizki Ilham mengatakan acara UNS City Orientation ini digelar untuk mengenalkan Kota Solo kepada mereka.

“Kita ajak mereka jalan-jalan, naik kendaraan umum, dan berkomunikasi dengan orang-orang lokal supaya cepat beradaptasi,” katanya, Sabtu (05/09/2015).

Seorang mahasiswa asal Jepang, Takanobu Shina mengatakan bukan pertama kalinya mengunjungi Indonesia. Namun, untuk menetap cukup lama di negara Indonesia merupakan pengalaman pertamanya.
orientasi kota mahasiswa asing 2015
Lelaki yang sudah lumayan fasih berbahasa Indonesia itu antusias mempelajari bahasa Indonesia. “Saya di Kokushikan University sudah mengambil jurusan Bahasa Indonesia. Bisa mengikuti program ini sudah senang sekali sebab saya bisa mempelajari lebih dalam bahasa Indonesia,” tuturnya.

Takanobu menilai Solo merupakan kota yang nyaman dan tenang. “Di sini saya merasa rileks. Saya betah belajar di sini,” ujar dia.

[sumber metronews.com]

Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Email this to someoneBuffer this page