Peluncuran Buku INKUIRI Menutup Rangkaian UNS Global Challenge 2018

Peluncuran Buku INKUIRI Menutup Rangkaian UNS Global Challenge 2018

Sejak tahun 2016, Universitas Sebelas Maret melalui International Office UNS meluncurkan program yaitu UNS Global Challenge. UNS Global Challenge adalah sebuah program beasiswa yang memberikan bantuan untuk mendukung mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) meraih program-program student outbond di seluruh dunia yang akan meningkatkan pengalaman akademis mereka. Para awardee UNS Global Challenge diharapkan akan melampaui batas kemampuannya untuk kemudian pulang menjadi pribadi yang berbeda dan mengalami peningkatan kematangan intelektual.

Melalui program UNS Global Challenge, mereka merasakan bahwa success doesn’t come for free, you have to do whatever it takes to seize your moment. Program ini terus berkembang setiap tahun, baik dari sisi jumlah dana, jumlah peminat dan pendafar maupun jumlah yang lolos pergi belajar ke luar negeri menjadi awardee.

UNS Global Challenge memberikan kesempatan mahasiswa UNS selama masa studinya untuk mengalami life changing experience. Mahasiswa akan memiliki personal perspective and international outlook, yaitu kemampuan komunikasi dan bekerja sama lintas budaya, kemampuan beradaptasi dengan hal baru, kesempatan untuk mengalami perspektif yang berbeda mengenai topik akademik mereka, yang mana topik ini bisa dibawa untuk didiskusikan di program studi masing-masing setelah mereka pulang. Diharapkan wawasan akademis mereka semakin luas sehingga mampu mengarahkan si mahasiswa menilai kembali tujuan dan orientasi masa depan mereka, termasuk jika ingin studi lanjut.

Dalam proses pendaftaran UNS Global Challenge 2018, terdapat 173 proposal dari 219 mahasiswa dengan tujuan ke 33 negara, total dana yang diajukan Rp. 4.954.091.000. Dengan jumlah pendaftar yang begitu besar, para reviewer telah meloloskan 88 mahasiswa dengan total membiayai 1.8 milyar rupiah ke 24 negara tujuan. Terdapat empat type program yang diikuti oleh 88 mahasiswa UNS tersebut yaitu short course, internship, exchange, dan international conference.

Untuk menutup rangkaian Program UNS Global Challenge 2018, diselenggarakanlah kegiatan Global Challenge Fest 2018 dengan tema “Menantang Diri Belajar ke Luar Negeri. Acara berlangsung Minggu, 16 Desember 2018 di Aula Pascasarjana UNS, pukul 08.00 s.d selesai. Global Challenge Fest 2018 menghadirkan Aan Fikriyan (Creativepreneur, Co Founder KUSTOMFEST), Safhira Alfarisi (Founder Xchange International, Founder Beasiswa 10.000), Dr. Risa Suryana (Reviewer Beasiswa LPDP, Postdoctoral Ristekdikti & UNS Global Challenge) sebagai narasumber untuk menginspirasi peserta dan berbagi tips & trik seleksi wawancara. Di tengah acara tersebut dilakukan peluncuran buku INKUIRI; Menantang Diri Belajar ke Luar Negeri oleh Taufiq Al Makmun (Direktur International Office UNS).

Para peserta yang hadir berjumlah 350 orang di Global Challenge Fest 2018, terlihat sangat antusias mendapatkan inspirasi dari para narasumber. Mereka juga mendapatkan buku berjudul INKUIRI; Menantang Diri Belajar ke Luar Negeri yang ditulis oleh Yudi Sastroredjo, penggagas program UNS Global Challenge. Buku ini diluncurkan di tengah acara oleh Taufiq Al Makmun, Direktur International Office UNS. Dalam orasinya saat peluncuran buku INKUIRI; Menantang Diri Belajar ke Luar Negeri, Taufiq menyampaikan, “Kesadaran akan hadirnya era global adalah penting untuk diketahui, janganlah kita jadi korban, hanya menonton, membeli dan jadi pasar. Jadilah pelaku, jadilah sang aktor, jadilah pemimpin masa depan. Pengetahuan dan pengalaman menjadi modal penting menopang sebuah keinginan. Maka UNS menawarkan program UNS Global Challenge demi memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkiprah global semenjak dini, mempunyai daya kompetisi tinggi, dan mempunyai kesadaran global.”

Tidak cukup sampai di situ, peserta juga mendapatkan Coaching Clinic langsung dari para awardee UNS Global Challenge 2018. Peserta diberikan informasi, mengcopy contoh-contoh dokumen terkait program internasional (proposal, LOA, pengajuan VISA, dsb), dan dibimbing langsung untuk dapat mengikuti jejak mereka meraih program di luar negeri. Inilah kontribusi yang diharapkan oleh International Office UNS agar para awardee UNS Global Challenge bisa berbagi pengalaman mereka dan jejaknya bisa diikuti oleh mahasiswa UNS lainnya.

(YUDI SASTROREDJO – International Office UNS)